Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Toba Samosir gelar Rapat Koordinasi Penertiban AP dan APK bersama Stakeholder

Balige -Bawaslu Kabupaten Toba Samosir melaksanakan Rapat Koordinasi Penertiban Alat Peraga (AP) dan Alat Peraga Kampanye (APK) bersama Stakeholder, minggu (14/04/2019) di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Toba Samosir, Jl. D.I Panjaitan No.1-B Balige.

Berdasarkan PKPU 33 Tahun 2018 tentang Perubahan kedua atas PKPU 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum bahwa “Alat Peraga Kampanye harus diturunkan atau ditertibkan oleh Peserta Pemilu paling lambat 1 (satu) Hari sebelum hari Pemungutan Suara”.

Diawal pembukaan rapat kordinasi Juniat sitorus selaku ketua Bawaslu Tobasa mengatakan, dalam hal Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di Lingkungan Kabupaten Toba Samosir dilaksanakan mulai Tanggal 14 – 15 April 2019. Bawaslu Kabupaten Toba Samosir mengharapkan pihak Satpol PP Kabupaten Toba Samosir agar menginstruksikan Jajaran nya yang berada di tiap kecamatan dalam wilayah Toba Samosir supaya ikut serta dalam  Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dan AP {Alat Peraga}. Dalam hal Pembersihan AP dan APK di Lingkungan Kabupaten Toba Samosir yang dilakukan oleh Satpol PP dan didampingi oleh Kepolisian dan Bawaslu. Sementara itu mewakili KPU Toba Samosir (Rantu Pasaribu) mengatakan" analisa KPU bahwa semua Alat Peraga Peserta Pemilu harus ditertibkan tanpa terkecuali namun meminta agar bawaslu memberi surat peringatan terlebih dahulu. Sedangkan mewakili Polres Tobasa mempertayakan Dasar Hukum penertiban AP dan APK serta siap membantu, dari Kesbangpol Kabupaten Toba Samosir dan Pihak Satpol PP juga siap mendukung dalam Penertiban APK."

Menanggapi masukan dari KPU, angota Bawaslu Kordiv PHL Toba Samosir (Romson Purba) mengatakan bahwa Bawaslu tidak ragu-ragu dalam melaksanakan penertiban AP dan APK karena sudah melayangkan Surat Himbauan I dan II kepada Peserta Pemilu serta meng-upload dalam Grup WA Salam Awas se-Toba Samosir, kita ingin peserta pemilu juga mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Turut hadir dalam rakor Anggota Bawaslu Thomson Manurung, Kadis Satpol PP, Kabag Ops Polres Tobasa, Kesbangpol Tobasa (Humas_BawasluTobasa_LKS)

Tag
Berita