Kesibukan Panwascam Kabupaten Toba Samosir Pasca dilantik, begini penjelasannya……

0
740

Pada pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan di Hotel Sere Nauli Laguboti, hari Selasa (24/1/2019) Ketua Bawaslu Toba Samosir Romson Purba bersama  rekan kerja Japarlin Napitupulu  selaku Koordinator Divisi HPPS juga Thomson Manurung selaku Koordinator Divisi OSDM Bawaslu Toba Samosir menginstruksikan kepada Panwas Kecamatan agar segera melaksanakan Audiensi terhadap Instansi terkait yang ada diwilayah kecamatan guna Silaturahmi keberadaan Panwas Kecamatan.

Pasca dilantiknya Panwascam se-kabupaten Toba Samosir (Tobasa) 23 Desember 2019 Panwas Kecamatan langsung melakukan langkah  pengawasan antara lain : melakukan penilaian terhadap calon  Korsek dan Staf kesektariaran yg berintegritas  serta penyiapan kantor, yang  lebih gereget nya lagi sembilan dari enam belas kecamatan yang ada di Toba Samosir  melaksanakan  Audensi kepada Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan  dan juga ke Sekolah SMA /Sejerajat terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 (6/1/2020 hingga 8/1/2020) di daerah kerja mereka masing masing.

Pada kesempatan tersebut, Forkopimca dan Kepala Sekolah SMA sederajat sangat mendukung penuh keberadaan Panwascam di wilayah Kecamatan dalam pengawasan tahapan-tahapan  Pilkada 2020.

Adapun Daftar Kecamatan yang melaksanakan Audiensi terhadap Instansi Terkait antara lain :

  1. Kecamatan Sigumpar (Camat, Koramil Silaen, Polsek Silaen)
  2. Kecamatan Ajibata (Camat, Kepala Sekolah SMA N.1 Ajibata)
  3. Kecamatan Lumbanjulu (Camat, Koramil, Polsek)
  4. Kecamatan Pintupohan Meranti ( Polsek Porsea)
  5. Kecamatan Porsea (Camat, Polsek, Koramil)
  6. Kecamatan Silaen (Camat, Koramil, Polsek)
  7. Kecamatan Siantar Narumonda ( Polsek Porsea, Camat, SMA N. 1 Siantar Narumonda)
  8. Kecamatan Tampahan (Camat)
  9. Kecamatan Parmaksian (Camat)

Demikian halnya Camat Lumban Julu Mangara Butarbutar sangat mendukung penuh keberadaan Panwascam di wilayah Lumban Julu dalam pengawasan tahapan-tahapan  Pilkada 2020.

“Kita akan selalu bersinergi dalam hal pengawasan Pilkada ini. Semoga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tobasa tahun ini terbebas dari politik uang, suku, Ras, dan lainnya yang bisa saja merugikan kita bersama,” ucap Camat Lumban Julu.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kapolsek Lumban Julu AKP Komando Tarigan diwakili oleh Kanit Intel Brigadir Eko Sitinjak dan juga Danramil Lumban Julu Lettu Inf Sati Husaini saat audensi dikantor Polsek dan Kantor Koramil.

Bukan hanya itu, Camat  Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan mengatakan  Pengawasan proses Pemilukada di wilayah kecamatan Sinar dapat berjalan dengan baik sesuai koridor yang ada, apapun masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi yg baik. ”Ucap Pintor

Berharap Rapat koordinasi kembali dg sejumlah pihak terkait seperti Polri,  TNI,  Satpol PP, Linmas, Kepala Desa, “lanjut Pintor.

Kunjungan ke Polsek disambut oleh Kapolsek Porsea AKP Napsanto Setiarso, SH.  yang  selanjutnya diwakilkan Kanit Intelkam Aipda Rahman Sitorus,  berhubung Kapolsek akan melaksanakan rapat di Makopolres Toba samosir. Setelah diberitahukan maksud dan tujuan kedatangan Aipda Rahman memberi masukan, tanggapan dan saling bertukar pikiran terkait Pengamanan Pilkada mendatang.

“Mendukung sepenuhnya Pengamanan Pilkada 2020 mendatang agar terciptanya Pilkada yang Kondusif, Aman dan Terkendali,” ujar Aipda Rahman.

Demi Pengawasan Pilkada yang mendatang  Panwas Kecamatan juga berkunjung ke Sekolah SMA Sederajat salah satunya Sekolah SMU Negeri 1 Siantar Narumonda.

Kepala sekolah SMU Negeri 1 Siantar Naurumonda Piner Sihotang langsung menyambut dengan tangan terbuka dan hangat kedatangan ketiga Pawascam. menyampaikan terkait keterlibatan para anak didiknya yang bakal menjadi Pemilih Pemula pada Pilkada Tobasa tahun 2020.

“Agar nantinya dilaksanakan sosialisasi di lokasi sekolah SMAN 1 dan menyampaikan kesediaannya dalam upaya menciptakan pemilu yang bersih khususnya di kalangan kaum pelajar sebagai pemilih pemula,”  ucap Piner.

Harapannya untuk Pilkada 2020 semoga berjalan dengan Aman, Kondusif dan sesuai dengan Perundang-undangan.

(Humas/Bawaslu_Tobasa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here