TINGKATKAN KUALITAS PENGAWASAN DAN PELAYANAN PUBLIK, BAWASLU SUMUT GELAR BIMTEK STAF SEKRETARIAT

0
76

Bawaslu Sumut, Medan___Dukungan sekretariat berperan penting untuk menunjang tugas-tugas pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan Bawaslu yang telah diamanahkan oleh undang-undang. Demikian disampaikan dalam Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Staf Sekretariat jelang Pemilihan Umum 2019 yang dilaksanakan Bawaslu Provinsi Sumatera Utara di Wong Rame Serdang Bedagai.

Bimtek ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 15 s.d 17 Februari 2019 dan diikuti oleh semua staf sekretariat Bawaslu Provinsi Sumut. Hadir juga Kepala Sekretariat Bawaslu Sumut Iwan Tero, S.Sos didampingi seluruh Kasubbag. Ketua dan Anggota Bawaslu Sumut juga menghadiri acara ini yakni: Syafrida R Rasahan, S.H selaku Ketua merangkap Kordiv Penindakan Pelanggaran, Suhadi S.Situmorang,S.H.,M.H. selaku Kordiv Pengawasan, Herdi Munte, S.H.,M.H. selaku Kordiv Penyelesaian Sengketa, Johan Alamsyah, S.H.,M.H. selaku Kordiv Organisasi, Agus Salam Nasution, S.Hi, Henri Sitinjak, S.H. selaku Kordiv Hukum Data dan Informasi serta Marwan, S.Ag selaku Kordiv Humas Hubal.

“Kegiatan ini telah menjadi agenda Bawaslu Sumut 2019 dan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman staf terhadap tupoksinya” kata Agus Salam selaku Kordinator Divisi SDM.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman staf sekretariat terhadap visi dan misi Bawaslu, menggali kompetensi dan kemampuan staf, meningkatkan kecintaan terhadap Bawaslu dan menjalin kekompakan antar tim. 

“Terus tingkatkan kapasitas dan kualitas diri, sehingga kita mampu membantu tugas-tugas pengawasan oleh komisioner” ujar Iwan Tero dalam paparannya. 

Dalam kesempatan ini, materi diisi oleh narasumber yang berasal dari Ketua dan Anggota Bawaslu Sumut yaitu Tata Kelola Organisasi, Pengelolaan Data Hasil Pengawasan, Pengelolaan Data dan Informasi, Pengelolaan Media Bawaslu, Tata Cara Penerimaan Laporan Pelanggaran, Tata Cara Penerimaan Sengketa Pemilu dan Penguatan SDM (motivasi kerja).

Seperti diketahui bersama bahwa Pemilu 2019 dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019. Bawaslu Sumut sesuai tupoksinya mengawasi seluruh tahapan Pemilu 2019. “Waktu menuju Pemungutan Suara tinggal 2 bulan lagi, oleh karena itu jangan kendor semangatnya” kata Syafrida R Rasahan yang merupakan Ketua Bawaslu Sumut ini. 

Hal senada diungkapkan oleh Suhadi S.Sukendar,S.H., M.H yang merupakan Kordiv Pengawasan Bawaslu Sumut yang menekankan perlu kekompakan dan kesolidan diantara sekretariat. ” Soliditas, integritas, profesionalitas dan mentalitas menjadi 4 kunci utama kita jika kita ingin berhasil dalam melaksanakan pekerjaan kita” tambah Suhadi. 

Sementara itu, Koordinator Divisi Humas Hubal Marwan menambahkan bahwa staf sekretariat harus terus menggali kompetensi diri. “Diperluakan staf yang mempunyai kreatifitas yang dapat membuat karya bagaimana Bawaslu Sumut semakin bisa memberitakan tentang hasil-hasil pengawasan yang sudah dilakukan, salah satunya website sebagai wajah Bawaslu Sumut”katanya.(Yanthi_Loebis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here