Uji Petik Untuk Memastikan Data Pemilih Berkelanjutan

0
67

Bawaslu Toba, .Jumat, 22 April 2022 Sesuai dengan Surat Edaran Bawaslu Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022 Tentang Daftar Pemilih Berkelanjutan. Bawaslu Toba melaksanakan Uji Petik Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di Kecamatan Balige. Kelurahan Balige I, Balige III, Pardede Onan, dan Desa Silalahi Pagar Batu.

Turut hadir dalam pelaksanaan Uji Petik Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Japarlin Napitupulu (Kordiv HPPS Bawaslu Toba), di Dampingi Staf Sekretariat Bawaslu Toba, Lurah Pardede Onan : Ibu Erica R.L Siringo-Ringo. Kepling Pardede Onan. Lingkungan I : Tonny N Pardede. Lingkungan II : Mutiha Pardede. Lingkungan III : Jani Pardede . Lingkungan IV : Bauara Pardede. Lingkungan V : Fanri Pardede.
Sebanyak 21 Orang Pemilih Baru, 2 Orang Meninggal Dunia nama hasil audit pihak Bawaslu Toba, Data nama pemilih tersebut benar berdomisili di Kelurahan Pardede Onan,

Kecamatan Balige Desa Silalahi Pagar Batu.
Turut hadir dalam pelaksanaan Uji Petik Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Romson Poskoro Purba ( Kordiv OSDM) di dampingi Staf Sekretariat Bawaslu Toba Dimana pada pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan secara langsung dengan menemui Kasi Pemerintahan a.n Sondang Mariani Panggabean dan Kaur a.n Ranap Silalahi dan di dapatkan data sebanyak 14 orang, memang benar tinggal di Desa Silalahi Pagarbatu Kecamatan Balige Kabupaten Toba dan Direkomadasikan untuk perekamam E-KTP dikarenakan nama tersebut diatas pemilih Pemula. Adapaun A.n Merry Christin Silalahi Tidak ditemukan dan menurut keterangan Kasi dan Kaur tidak dikenal nama tersebut dan A.n Marchel Given Siagian masih menumpang pada Kartu Keluarga Abang.
Berdasarkan Keterangan Kasi dan Kaur yang meninggal dunia A.n nama Erlis Silalahi tetapi belum dilaporkan ke Kepala Desa dan belum meminta surat keterangan. Yang pindah masuk wilayah/Domisili ke Desa Silalahi Pagarbatu A.n Mampe Hanris Nainggolan dan Anti Deliana Pardede. Pelaksanaan Uji Petik berjalan dengan baik.

Kecamatan Balige, Kelurahan Balige I dan Balige III
Pada tanggal 22 April 2022 hari Jumat pukul 10 wib, Anggota Bawaslu Kabupaten Toba kordiv Pengawasan Hubungan Antar lembaga didampinngi staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Toba Melakukan uji petik PDPB triwulan 1 tahun 2022 di kecamatan Balige kelurahan Balige 3 berjumlah 8 orang ,sebelum melakukan uji petik dilakukan dengan mendatangi kantor kelurahannya yang disambut oleh lurah Balige 3 Ibu Theresia Sitorus untuk menanyakan apa betul data yang diberikan oleh KPU itu benar adalah warganya,setelah dilakukan penelitian Data tersebut bahwa ditemukan 2 warga yang tidak dikenal a.n Maria Dominu sihombing dan Siti Hirja. Setelah mendapatkan informasi dari lurah,kami melakukan uji petik didampingi Bapak Oswald Sitorus selaku honor di Kel. Balige 3 untuk mengunjungi pihak keluarga untuk memastikan benar atau tidak data tersebut, bahwa dari 8 Pemilih Pemula, hanya 6 Data Pemilih yang di temukan.
disamping itu juga kami menanyakan data yang meninggal tetapi ibu Theresia Sitorus mengatakan setiap yang meninggal tidak ada yang melapor karna setiap yang rata rata yang ada urusannya sementara yang tidak ada kepentingannya tidak diurus.setelah selesai uji petik dikelurahan Balige tiga lanjut ke kelurahan Balige 1 yang terdapat jumlah PDPB NYA berjumlah 9 orang dimana 8 orang pemilih pemula 8 orang dan 1 orang meninggal dunia sebelum melakukan uji peti kami juga mendatangi kelurahan Balige 1 untuk menanyakan apakah data pemilih yg dikeluarkan oleh pihak KPU terkait kategori Pemilih Pemula dan Pemilih meninggal Dunia adalah benar. Ibu Romauli Tondang selaku Honor di Kelurahan Balige 1 memberi keterangan bahwa warga tersebut adalah benar warga Balige 1.Kordiv PHL dan Staf bersama langsung melakukan uji petik kerumah warga yg datanya dikeluarkan oleh Pihak KPU.
Selain itu juga ibu Roma memberikan keterangan tambahan untuk Penduduk yang meninggal dunia sebanyak 4orang namun sebahagian yg ada Kartu Keluarga, ibu roma juga siap membantu dalam melengkapi KK warga yg meninggal dunia untuk dapat direkomendasikan ke KPU guna Akurasi Data Pemilih Pemilu 2024.

Humas


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here