Lompat ke isi utama

Berita

Rekapitulasi di tingkat Kabupaten, Bawaslu Kabupaten Toba awasi hingga selesai

Toba - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Toba secara langsung mengawasi proses Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum di Tingkat Kabupaten Toba hingga hari ke 3 (tiga) yang mana ini merupakan hari Rekapitulasi terakhir sesuai jadwal yang disampaikan oleh KPU Kabupaten Toba. Dalam hal ini 4 (empat) kecamatan sampaikan presentasi Rekapitulasi yakni Kecamatan Bonatua Lunasi, Pintu Pohan Meranti, Lumban julu dan Laguboti.

Pelaksanaan Rekapitulasi Suara tersebut diawasi langsung oleh Sahat Sibarani Ketua Bawaslu Kabupaten Toba dan Anggota Bawaslu Kabupaten Toba Japarlin Napitupulu, ST,.SH dan Daniel Sharon Pasaribu, S.Th serta jajaran sekretariat Bawaslu Kabupaten Toba juga mengundang Panwaslu Kecamatan sesuai kecamatan yang akan melakukan Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum. Bertempat di Aula KPU Toba, Kamis (29/02/2024)

Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum di Tingkat Kabupaten Toba hari ke 3 (tiga) ini berlangsung hingga dini hari dikarenakan 4 TPS di kecamatan Pintu pohan Meranti dilakukan Perhitungan Suara Ulang yang mana adanya laporan masyarakat atas perbedaan di C1 Plano dengan C1 Hasil Salinan, ketidaktepatan dalam penulisan Hasil Penghitungan suara di formulir model C1 Hasil salinan dan adanya ketidakpuasan saksi dan masyarakat  terhadap hasil Rekapitulasi di tingkat kecamatan. Dalam hal ini Bawaslu menyampaikan rekomendasi kepada KPU Kabupaten Toba saat Rekapitulasi berlangsung untuk Penghitungan suara ulang, di 4 TPS di Kecamatan Pintu pohan Meranti.

Penghitungan Suara Ulang Merupakan wujud dan bukti transparansi demi memperoleh suara yang dihitung sesuai. Hal Ini menjadi penting dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar masalah yang timbul dalam proses rekap di Kabupaten tidak menjadi masalah ketika proses rekap di tingkat Provinsi.

Turut hadir Kepala Bagian (Kabag) Pengawasan Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Batara AP Tampubolon, Personil Gakkumdu, Forkopimda Kabupaten Toba, Saksi Partai politik Kabupaten Toba, Saksi Calon Anggota DPD, pihak terkait dan Unsur lainnya.

Humas Bawaslu Toba